Cerita kali  ini disadur dari buku A Million Dollar Lesson yang dikarang oleh Petey  Parker.  Petey Parker adalah seorang memberikan dasar-dasar bisnis inti  melalui konsultasi dan seminar untuk semua kalangan. Dia membawa sebuah  perspektif yang jujur sebagai pengamat, memberikan wawasan strategis,  dan membantu perusahaan dalam menemukan solusi akan program dan agenda  perusahaan. Berikut adalah ceritanya.. 
Seorang sopir taxi di Dallas telah mengajarkan saya bagaimana  memenuhi harapan dan kepuasan pelanggan. Sebuah pelajaran seharga satu  juta Dollar. Mungkin anda harus mengeluarkan ribuan Dollar untuk  membayar seorang keynote atau pembicara profesional dalam sebuah seminar  atau pelatihan motivasi untuk karyawan perusahaan. Tapi kali ini saya  hanya cukup mengeluarkan ongkos taxi seharga 12 Dollar saja.
Berikut ceritanya: Suatu hari saya terbang ke Dallas untuk bertemu  seorang klien. Waktu sangat sempit, karena saya harus segera kembali ke  airport. Saya menghentikan sebuah taxi. Begitu berhenti, dengan segera  sopir taxi membuka pintu mobil untuk saya, dan memastikan bahwa saya  telah duduk dengan nyaman di dalamnya.
Begitu saya duduk di belakang kemudi, dia menunjuk sebuah koran Wall  Street Journal yang terlipat rapi di samping saya untuk dibaca. Kemudian  dia menawarkan beberapa kaset, dan menanyakan jenis musik apa yang saya  sukai. “Wow,” saya cukup terperanjat dengan pelayanannya. Saya menoleh  ke sekeliling. Mungkin ada program “Candid Camera” yang ingin menjebak  dan mengolok-olok saya. Dengan penasaran saya memberanikan bertanya pada  sopir taxi itu, “Wah, kelihatannya anda sangat senang sekali dengan  pekerjaan anda. Tentunya anda punya cerita yang panjang mengenai  pekerjaan anda ini”
“Anda salah,” jawabnya, “Dulu saya bekerja di Corporate America  (Perlu diketahui ini adalah sebuah perusahaan besar di Amerika). Tetapi  saya merasa letih karena berapa pun kerasnya usaha untuk menjadi yang  terbaik dalam perusahaan itu, ternyata tidak pernah memuaskan hati saya.  Kemudian saya memutuskan untuk menemukan sebuah langkah dalam kehidupan  saya dimana saya bisa merasa bangga dan puas karena mampu menjadi diri  saya yang terbaik.”
“Saya tahu,” lanjutnya, “Saya takkan pernah bisa menjadi seorang  ilmuwan roket, tetapi saya suka sekali mengendarai mobil dan memberikan  pelayanan pada orang lain. Saya ingin merasa bahwa saya telah melakukan  pekerjaan yang terbaik setiap harinya. Lalu, saya merenungi apa yang  jadi kelebihan diri saya, dan wham.. saya menjadi seorang sopir taxi.”
“Satu hal yang saya yakini, supaya saya meraih keberhasilan dalam  usaha saya ini, saya hanya perlu memenuhi kebutuhan penumpang saya.  Tetapi agar bisnis saya ini menjadi luar biasa, saya harus melebihi  harapan penumpang saya. Tentu saja saya ingin meraih hasil yang luar  biasa, ketimbang yang biasa-biasa saja.”
Waw, ini adalah sebuah pelajaran nyata yang luar biasa. Menurut anda,  apakah saya memberinya tip yang besar atas pelayanan yang diberikannya?  Anda salah! Keluarnya dia adalah kerugian bagi CorporateAmerica, tetapi  teman perjalanan yang baik.
Kata kata bijak motivasi kali ini
Bahagia bukanlah disebabkan oleh penghasilan dan jabatan tinggi,  namun bahagia adalah karena suatu hal yang kita merasa bangga dan puas  telah melakukannya
Jika ingin usaha berhasil, penuhi kebutuhan customer. Jika ingin usaha luar biasa, lebihi apa yang menjadi harapan customer.
Sponsor
  
    Custom Search
  
Kamis, 17 Februari 2011
Sopir Taksi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar